Organisasi

Organisasi (Yunani: ὄργανονorganon - alat) adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah unt tujuan bersama.
Dalam ilmu-ilmu sosial, organisasi dipelajari oleh periset dari berbagai bidang ilmu, terutama sosiologi, ekonomi, ilmu politik, psikologi, dan manajemen. Kajian mengenai organisasi sering disebut studi organisasi (organizational studies), perilaku organisasi (organizational behaviour), atau analisa organisasi (organization analysis). Terdapat beberapa teori da prespektif mengenai organisasi, menurut para ahli terdapat beberapa pengertian organisasi yaitu sebagai berikut:
  • Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
  • James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
  • Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
  • Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
Adapun tipe-tipe organisasi yaitu:
  • Piramida Mendatar (Flat). Ciri-ciri organisasi ini yaitu jumlah satuan organisasi tidak banyak sehingga tingkat-tingkat hirarki kewenangan sedikit, jumlah pekerja atau bawahan yang harus dikendalikan cukup banyak, dan format jabatan untuk tingkat kepemimpinan sedikit karena relatif kecil.
  • Piramida Terbalik. Ciri-ciri organisasi ini yaitu jumlah jabatan pimpinan lebih besar dari jumlah pekerja, hanya cocok untuk organisasi-organisasi yang pengangkatan pegawainya berdasarkan atas jabatan fungsional seperti organisasi-organisasi atau lembaga-lembaga penelitian dan lembaga pendidikan.
  • Tipe Kerucut. Ciri-ciri organisasi ini yaitu jumlah satuan organisasi banyak sehingga tingkat-tingkat hirarki atau kewenangan banyak, rentang kendali sempit, pelimpahan wewenang dan tanggung jawab dapat dilakukan sampai kepada pejabat atau pimpinan yang bawah atau rendah, jarak anatara pimpinan tingkat atas dengan pimpinan tingat bawah terlalu jauh, dan jumlah informasi jabatan cukup besar.


Skema atau bagan organisasi adalah suatu lukisan yang dimaksudkan untuk menggambarkan susunan organisasi baik mengenai fungsi, bidang, tingkatan maupun rentang kendalinya.
Macam-macam Skema Organisasi:
  • Berdasarkan teknik atau cara pembuatannya
          -skema organisasi tegak lurus dari atas ke bawah
          -skema organisasi mendatar dari kiri ke kanan
          -skema organisasi gabungan tegak lurus dan mendatar
          -skema organisasi lingkaran
          -skema organisasi gambar
  • Berdasarkan isi atau fungsi di dalamnya
          -skema organisasi fungsional
          -skema organisasi jabatan
          -skema organisasi nama
          -skema organisasi nama dan jabatan
          -skema organisasi organisasi struktur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar