Komunikasi dalam Organisasi

Komunikasi adalah suatu proses di mana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lai. Secara umum komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi(ide, gagasan, juga pesan) dari satu pihak ke pihak yang lainnya. Pada umumnya komunikasi dilakukan secara verbal atau lisan yang dapat dimengeri oleh kedua pihak atau lebih. Adapula komunikasi yang dilakukan secara on-verbal yaitu dengan menggunakan bahasa tubuh atau body language seperti menggerakkan badan atau menunjukkan sikap tertentu.


Pengertian komunikasi menurut para ahli:
1. Everett M. Rogers, komunikasi adalah proses di mana suatu ide dialihkan dari sumber kepada suatu penerima atau lebih, dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka.
2. Rogers & D. Lawrence Kincaid, komunikasi adalah di mana suatu proses di mana dua orang atau lebih membentuk atau melakukan pertukaran informasi dengan satu sama lainnya, yang pada gilirannya akan tiba pada saling pengertian yang mendalam.
3. Shannon & Weaver, komunikasi adalah bentuk interaksi manusia yang saling mempengaruhi satu sama lainnya, sengaja atau tidak sengaja. Tidak terbatas pada bentuk komunikasi menggunakan bahasa verba, tetapi juga dalam hal ekspresi muka, lukisan, seni dan teknologi.
4. David K. Berlo, komunikasi sebagai instrumen dari interaksi sosial yang berguna untuk mengetahui dan memprediksi setiap orang lain, juga untuk mengetahui keberadaan diri sendiri dalam menciptakan keseimbangan dengan masyarakat.
5. Harorl D. Lasswell, komunikasi pada dasarnya merupakan suatu proses yang menjelaskan siapa, mengatakan apa, dengan saluran apa, kepada siapa? dengan akibat apa atau hasilnya apa?


Unsur-unsur komunikasi:
1. Pengirim pesan (komunikator)
2. Penerima pesan (komunikan)
3. Pesan itu sendiri


Berikut adalah hambatan-hambatan komunikasi:
1. Perbedaan Persepsi yaitu setiap orang memiliki kemampuan yang tidak sama dalam hal mengartikan sebuah pesan atau ungkapan. Perbedaan persepsi inilah yang menjadi alasan mengapa dua pihak terlibat konflik.
2. Perbedaan Budaya yang juga sering menjadi salah satu penghambat dalam komunikasi, terlebih bila masing-masing pihak tidak mengerti bahasa yang digunakan.
3. Karakter Dasar, karakter dasar manusia pada dasarnya koleris, melankolis, plegmatis, dan sanguini. Keempatnya inilah yang menjadi perbedaan karakter yang memang kadang-kadang menjad ipenghambat komunikasi.
4. Kondisi misalnya kondisi saat berkomunikasi dengan kawan bicara juga menjadi sebab kesalahpahaman terjadi. Bisa saja saat komunikasi anatara dua pihak sedang terjadi, pihak pertama sedang dalam kondisi yang tidak enak, akibatnya kondisi yang tidak enak tersebut mempengaruhi cara penangkapan pesan dari kawan bicara sehingga terjadilah kesalahpahaman.


Beberapa klasifikasi komunikasi dalam organisasi yang di tinjau dari beberapa segi :
1.Dari segi sifatnya :
a. Komunikasi Lisan  komunikasi yang berlangsung lisan / berbicara 
cth: ngobrol, presentasi
b. Komunukasi Tertulis  komunikasi melalui tulisan 
Cth: sms, email , 
c. Komunikasi Verbal komunikasi yang dibicarakan/diungkapkan
cth: ngobrol, curhat
d. Komunikasi Non Verbalkomunikasi yang tidak dibicarakan(tersirat)
cth: orang yang grogi gemetar tubuhnya
2. Dari segi arahnya :
a. Komunikasi Ke atas  komunikasi dari bawahan ke atasan
b. Komunikasi Ke bawah komunikasi dari atasan ke bawahan
c. Komunikasi Horizontal  komunikasi ke sesama manusia / setingkat
d. Komunikasi Satu Arah pemberitahuan gempa melalui BMKG(tanpa ada timbal balik)
e. Komunikasi Dua Arah berbicara dengan adanya timbal balik/ saling berkomunikasi
3. Menurut Lawannya :
a. Komunikasi Satu Lawan Satu  berbicara dengan lawan bicaras yang sama
banyaknya cth:berbicara melalui telepon
b. Komunikasi Satu Lawan Banyak (kelompok)‏ berbicara antara satu orang dengan suatu kelompok. Cth: introgasi maling dengan kelompok hansip
c. Kelompok Lawan Kelompok berbicara antara suatu kelompok dengan kelompok lain. Cth: debat partai politik.
4.Menurut Keresmiannya :
a. Komunikasi Formal komunikasi yang berlangsung resmi.cth: rapat pemegang saham.
b. Komunikasi Informalkomunikasi yang tidak resmi, cth : berbicara antara teman.



sumber: http://www.slideshare.net/guest81e510/pengertian-komunikasi http://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi http://www.lusa.web.id/unsur-unsur-komunikasi/ http://www.anneahira.com/hambatan-hambatan-komunikasi.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar