Etika Dalam Keluarga

Pengertian etika itu sendiri adalah yang berkaitan dengan tingkah laku lahriah dan dibatasi pada aspek sopan santun antar sesama manusia. Etika diartikan sebagai watak kesusulaan atau adat kebiasaan. Jika kita membahas tentang etika biasanya dikaitkan dengan kata moral, yang juga diartikan sebagai adat kebiasaan atau cara hidup seseorang dengan melakukan perbuatan yang baik dan menghindari perbuatan yang buruk.
Keluarga adalah lingkungan yang terdapat beberapa orang yang masih memiliki hubungan darah. Keluarga sebagai kelompok sosial terdiri dari sejumlah individu, memiliki hubungan antar individu, terdapat ikatan, kewajiban, tanggung jawab di antara individu tersebut. Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan. Setiap anggota keluarga harus saling mengetahui peranan dan hak serta kewajibannya masing-masing, dengan mengetahui tugas dan tanggung jawab masing-masing anggota keluarga, pertikaian dan ketidak harmonisan akan hilang dengan sendirinya. Dengan etika yang baik Antara orang tua dan anak maka akan terjalin keluarga yang harmonis dengan menerapkan prinsip etika komunikasi, misalnya berbicara dengan perkataan yang baik baik dari orang tua ke anak, anak ke orang tua, kaka ke adik dan adik ke kaka. Dengan membiasakan diri dalam keluarga dengan Bahasa yang baik makan itu akan menberi dampak yang baik juga untuk diri anak ke lingkungan luar keluarga. Perkataan yang efektif dan keterbukaan antara anggota keluarga dapat menjalin ikatan yang baik diantara anggota keluarga, ini juga dapat meningkatkan kepercayaan lebih didalam keluarga serta kenyamanan sehingga dapat mengurangi dampak ketidak harmonisan antara anggota keluarga. Selain itu juga etika komunikasi yang lain ada seperti setiap anggota keluarga menggunakan perkataan yang lemah lembut dalam menyampaikan maksud dari setiap anggota keluarga serta menggunakan perkataan yang pantas diucapan.
Pada saat makan pun kita harus memiliki etika yang baik, dan etika yang baik yang dimiliki seseorang juga tercermin dari kebiasaan yang dibiasakan dalam keluarga. Seperti makan tidak menganggat kaki, pada saat makan tidak mengeluarkan bunyi, tidak bersendawa lepas pada saat sedang makan, dan bersikap yang pantas pada saat makan. Baik atau tidaknya sikap seseorang dalam beretika dilingkungan luar tercipta dan bermula dari lingkungan terdekatnya seperti keluarga karena baik atau tidak nya seseorang berawal dari kebiasaan- kebiasaan yang dilakukan dalam kelurga.

Sumber: http://khoirulabror.blogspot.com/2013/12/etika-berkeluarga-dalam-perspektif-al.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar